Pengertian Manajamen Komunikas- Manajemen komunikasi adalah sub disiplin ilmu komunikasi yang lahir sekitar tahun 1980 di Australia. Manajemen komunikasi lahir karena adanya tuntutan untuk membuat ilmu komunikasi lebih terkenal dikalangan masyarakat luas. Sebab lain lahirnya subdisiplin manajemen komunikasi adalah karena pada era tersebut para praktisi dan teoritis ilmu komunikasi bekerja masing-masing, sehingga para praktisi menemukan batasannya di bidang teoritis dan para teoritis mempunyai batasan dalam bidang praktisi. Disinilah manajemen komunikasi lahir untuk menghubungkan para teoritis dengan praktisi komunikasi sehingga ilmu komunikasi menjadi lebih sempurna.
Myers & Myers (1982) mengemukakan bahwa pada dasarnya manajemen adalah proses mempengaruhi orang lain, proses tersebut dilakukan dengan cara berkomunikasi.
Adapun perbedaan antara manajemen komunikasi dengan komunikasi manajemen jelas tersirat dalam definisinya masing-masing. Manajemen komunikasi adalah cakupan proses dan tindakan komunikasi yang dianalisis meliputi berbagai bidang spesialisasi komunikasi (seperti Komunikasi Kesehatan, Periklanan, hingga Public Relations) dan konteks komunikasi (mulai dari komunikasi intra pribadi hingga komunikasi massa). Sedangkan yang dimaksud dengan komunikasi manajemen, cakupan dan proses tindakannya terbatasi dalam suatu organisasi atupun perusahaan.
Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari mempelajari manajemen komunikasi adalah sebagai berikut :
- Untuk menciptakan suasana harmonis.
- terjadinya communication breakdown karena komunikasi bersifat tidak dapat ditarik.
- Untuk menghasilkan kowledge worker dalam bidang ilmu komunikasi.
- Menciptakan peluang dan nilai guna dari ilmu komunikasi.
Cukup sekian pada artikel tentang Pengertian Manajamen Komunikasi dan manfaat mempelajari manajemen komunikasi, bila ada yang kurang jelas silahkan Anda tanyakan dalam kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan sampai bertemu lagi di artikel berikutnya. Salam Komunikasi....
0 comments